Senin, 31 Oktober 2016

Masalah - Masalah Sosial Masyarakat Indonesia


A. Masalah Sosial Masyarakat 
Sebagai masyarakat tentunya kita harus bisa membawa diri dan menjaga kebersihan lingkungan agar suasana perkotaan yang kita tinggali nyaman,aman dan bersih tentunya.Akan tetapi masih saja masyarakat Indonesia masih apatisme akan hal kebersihan dan pentaatan hukum dan aturan - aturan yang berlaku sejak masa pemertintahan Ir.Soekarno dan Muh.Hatta. 

Contoh nyatanya adalah sebagai berikut : 


 



Para pengendara motor di palang pintu kereta api yang nekat menerobos palang pintu ini yang mengakibatkan bisa terjadi kecelakaan fatal yang menimbulkan kemacetan. Kenapa saya ambil contoh kasus seperti ini? Karna agar masyarakat bisa lebih perhatian kepada diri sendiri dan terutama kepada pengguna jalan lainnya agar suasana berlalu lintas aman dan tenang tanpa terjadi kecelakaan yang menyebabkan kemacetan dan menyusahkan sebagian orang tertentu. Saya berharap saja kepada masyarakat indonesia bisa lebih sadar akan keselamatan diri sendiri,terutama keselamatan orang lain. Jika keselamatan saja di abaikan,apalagi Negaranya sendiri? Mungkin hilang dan punah apa yang namanya rasa Nasionalisme!


Lalu bagaimana akan mengatasi dan menanggulanginya? 

Cara mengatasi masalah sosial seperti bukanlah perkara yang mudah. Masyarkat jaman sekarang menganggap hukum adalah sebagai sepele dan cepretan kecil,apalagi bagi mereka yang beruang dan memiliki segala kelebihan materil,utnuk mengatasinya memerlukan jiwa-jiwa bersih dan sehat akan akal dan pikiran yang dimaksudkan yaitu sadar akan diri sendiri akan hukum dan keselamatan. Jika tidak sadar diri ya sampai ladang gandum di sirami siraman rohani juga tidak akan ada hentinya pelanggaran dan lain sebagainya.

Jika sudah terjadi dan susah untuk diatasi,mungkin ada cara lain untuk menanggulanginya,yaitu dengan bantuan para alat negara seperti ; Polisi,TNI,PM untuk siap sedia memberikan sanksi langsung dan tegas kepada setiap pelanggar,akan tetapi dari ketiga alat negara tersebut didalamnya ada saja oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab seperti motto dan tujuan institusi tersebut,contoh saja membuat sim ditawarkan untuk menembak dengan kata lain membayar kepada oknum-oknum agar dipermudah. Jelas sangat banyak pelanggar lalu lintas bukan? ibaratkan bayi saja dengan membayar sekian rupiah bisa mendapatkan sim dengan mudahnya. Bukan maksud menyinggung keseluruhan ya pakpol,ini hanya sebagian,dan anggota seperti itu tolong di tindak ya pakpol, sama juga dengan TNI yang dengan aroganisme terhadap pengguna jalan lain sebagai contoh waktu itu saya sedang berkendara sepeda motor,dengan aroganisme anggota dan motor yang berisik menggeber dan melanggar lalin,jelas masyarakatpun mengikuti apa yang dilakukan paraa alat negara tersebut (sebagiannya). Ini adalah fakta! Sebagai masyarakat nasionalis dan berjiwa kuat,kita harus mengubahnya dengan diri sendiri,dimulai dengan diri sendiri dan ikhlas. Jika tidak ikhlas maka apapun yang dilakukan tidak akan berjalan sesuai rencana.

Mungkin sekian bloggers pendapat saya akan masalah sosial masyarakat di Indonesia, kurang dan salahnya dalam penulisan artikel ini mohon dikomen dan dikritik agar bisa lebih baik lagi. Terima kasih telah mengunjungi,semoga rasa nasionalis tidak punah dari jiwa anda semua! Dan juga kesadaran akan hukum harus bisa ditingkatkan ya bloggers. see you.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar